Selasa, 01 November 2011

Acara Kathina

Pada tanggal 21 Oktober 2011 para umat Buddhist di SMP dan SMA Pusaka Abadi merayakan hari Kathina di aula SD Pusaka Abadi seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Acara ini juga tercantum sebagai salah satu acara Subsekbid Agama Buddha dari sekbid Ketakwaan terhadap Tuhan YME OSIS SMA Puskaka Abadi. Seperti tahun-tahun sebelumnya acara ini juga diadakan dengan kerjasama dengan SMP Pusaka Abadi. Kepanitiaan Kathina pada tahun ini dipimpin oleh Willy dari XI IPA. Sejak jauh-jauh hari panitia telah bekerja mempersiapkan acara ini dan memikirkan tema yang tepat bagi hari besar umat Buddhis ini. Akhirnya dipilihlah tema “Kathina Meningkatkan Keharmonisan Beragama”. Suatu tema yang begitu indah dan menghangatkan setiap hati umat beragama −tak hanya umat Buddhis− mengingat maraknya perselisihan umat beragama di Indonesia, bahkan di dunia saat ini.


Acara ini diawali dengan upacara 放生(fang sheng) yang merupakan upacara melepas hewan dan kali ini hewan yang dilepas adalah burung. Setelah upacara ini, secara resmi acara Kathina dimulai pada pukul 13:30 dengan menyambut kedatangan biksu. Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan Parita yang dipimpin oleh pemimpin kebaktian yaitu Darwin dan Sanny. Setelah itu Biksu  memberi sambutan dan Dhammadesana mengenai arti penting dan makna dari perayaan Kathina. Selain itu Beliau juga menjelaskan manfaat dari berdana. Beberapa hal yang Beliau sebutkan diantaranya adalah melepaskan kemelekatan, menambah karma baik, terbiasa untuk berderma, dan masih banyak lagi. Setelah itu acara ditutup dengan pembacaan Parita dan pembagian konsumsi.


Acara ini amat bermanfaat untuk meningkatakan iman dan kesadaran berdana bagi umat Buddhis di Sekolah Pusaka Abadi. Semoga di tahun-tahun berikutnya acara ini bisa lebih ditingkatkan dan dikembangkan. Sekian.

0 comments:

Posting Komentar