Sabtu, 17 Maret 2012

Retreat Kelas XI @Wisma 1001, Puncak

Ini dia satu lagi program sekolah plus program OSIS tahun ini. Yup! Retreat alias kegiatan pendalaman keimanan yang diselenggarakan oleh SMA Pusaka Abadi dibantu oleh OSIS. Dari OSIS sendiri penyelenggaraan acara ini diketuai oleh Patrice dan Handayani dari sekbid Ketakwaan terhadap Tuhan YME.
Satu bulan sebelum dijalankannya program ini para guru ditemani oleh Patrice, Handayani, dan perwakilan kelas sudah terlebih dahulu menghunting lokasi acara. Setelah melalui berbagai pertimbangan maka dipilihlah Wisma 1001, Puncak sebagai venue acara retreat tahun ini.
Acara yang dilangsungkan selama 3 hari 2 malam ini dimulai pada tanggal 6 Maret 2012. Pagi sekitar pukul 07:00 para peserta retreat yang kompak memakai baju putih-putih bertuliskan “I love God” sudah ngumpul di PA untuk briefing.

Para Peserta Retreat

Setelah briefing para peserta langsung menuju ke bis yang sudah stand by di Teluk Intan.
Setelah perjalanan selama 3 jam menuju ke Puncak, akhirnya  para peserta retreat tiba di Wisma 1001.

@Wisma 1001
Arrive @Wisma 1001

Check in @Wisma 1001
Setelah check in dan taruh-taruh barang di kamar. Para peserta retreat langsung ngeloyor untuk mengeksplorasi Wisma 1001. Hhe...
Setelah sempat main-main sebentar, para peserta retreat dipimpin oleh ibu Atik mengikuti pembukaan retreat. Setelah acara pembukaan, secara resmi retreatpun dimulai!!

Upacara Pembukaan By Ibu Atik


Acara selanjutnya adalah sesi. Sesi ini dibagi masing-masing menurut agamanya. Para siswa Buddhis mendapat ruangan di atas, sementara para siswa Kristen mendapat ruangan di bawah.

Susana Retreat para siswa Buddhis
Pak Adi
Ibu Miharsih

Pada hari pertama retreat agama Buddha, Pak Adi sebagai pembicara pada retreat kali ini berbicara mengenai Karma Punabawa(Hukum Perbuatan dan Tumimba Lahir).
Meskipun suasana retreat yang santai diiringi dengan sejuknya udara Puncak, namun para peserta tetap khusuk mendengarkan. Sementara itu, pada retreat  agama Kristen yang dibawakan oleh Bapak Simanjuntak sebagai pembicara sesi pertama yang dimulai dengan beberapa lagu pujian berbicara mengenai tujuan hidup orang Kristen dan siapa kita sebagai orang Kristen.

Retreat para siswa Kristen
Bapak Simanjuntak dan Ibu Winarti
Setelah serangkaian sesi para peserta retreat mendapatkan waktu free time. Banyak yang mengisi waktu mereka dengan ngobrol, main basket, tenis lapangan, billiard, tenis meja, maupun berenang. Mungkin, mumpung fasilitasnya lengkap! xD


Eits, Ibu Win ikutan main billiard juga toh. xD

Pada event retreat kali ini selain tentunya bertujuan untuk meningkatakan iman, rasa kebersamaan diantara para guru dan murid serta para murid satu angkatan juga diperkuat−hitung-hitung sekali dayung dua tiga pulau terlampaui.

 


Pada sekitar pukul 19:00 para peserta segera memenuhi ruang makan untuk dinner, setelah itu acara langsung dilanjutkan dengan sesi selanjutnya. Setelah sesi para peserta retreat dipersilahkan untuk kembali ke kamar masing-masing dan zZZ alias tidur. Meskipun tentunya banyak anak yang ga tidur melainkan malah main-main, maklum ‘jiwa muda’. Hhe-
Keesokan harinya, pagi-pagi setelah breakfastpara peserta retreat bersiap untuk sesi terakhir dari retreat. Di sesi terakhir ini para siswa Buddhis diberi bekal mengenai apa itu HIV/AIDS, sementara para siswa Kristen melanjutkan pembicaraan di hari sebelumnya dan mengambil kesimpulan dari topik-topik yang dibahas hari sebelumnya. Seusai sesi terakhir ini acara selanjutnya adalah heading ke Cibodas.


Ngantri" dulu buat makan.
Ini dia salah satu menu santapan kami @Wisma 1001, menggugah selera bukan?? xD
Selamat Makan!!! xP
Di Cibodas ini para peserta retreat bisa sedikit berekreasi dengan melihat-lihat pemandangan hijau plus air terjun nan indah. Meskipun perjalanan mencapai puncaknya yang cukup jauh dan ditemani rintik-rintik hujan(blakangan sudah bukan rintik-rintik lagi. Hha..), tapi setiap tetes keringatnya ini seolah terbayar ketika sudah mencapai puncaknya dan bisa melihat indahnya pemandangan puncak.  xD

@Cibodas 
Edy 'the Explorer'. Hhe-
Setelah dari Cibodas, para peserta retreat langsung meluncur kembali ke Wisma untuk istirahat and free time! Lagi-lagi para peserta retreat bisa melakukan banyak aktivitas olahraga secara bebas yang semakin enak karena ditemani suhu udara di Puncak yang sejuk. 
Besoknya para peserta retreat sudah siap-siap berkemas untuk pulang dan kembali ke Jakarta. Setelah breakfast para peserta langsung naik ke bus menuju ke Jakarta. Namun, sebelum pulang para peserta retreat menyempatkan diri untuk mampir di Cimory dan beberapa tempat penjualan souvenir untuk membeli oleh-oleh. Meskipun singkat, diharapkan tujuan dari retreat ini dapat tercapai. Dengan demikian berakhirlah serangkaian acara retreat  tahun 2012 ini!

0 comments:

Posting Komentar