Selasa, 17 Juli 2012

Masa Orientasi Siswa

       Setelah liburan selama berminggu-minggu akhirnya pada tanggal 12 Juli lalu tahun ajaran baru 2012/2013 dimulai. Tahun ajaran baru tentunya tidak akan sah dimulai kalau acara MOS untuk siwa-siswi kelas X SMA PA yang baru belum diselenggarakan. Nah, pada tanggal 12,13, dan 15 lalu Masa Orientasi Siswa ato lebih dikenal dengan sebutan MOS ini diselenggarakan oleh pihak sekolah bekerja sama dengan OSIS. Acara MOS kali ini diketuai oleh Ibu Fitri selaku pembina OSIS. Ok, now let's check this out! ^^
Penyematan atribut MOS sebagai tanda pembukaan MOS oleh Pak Narto
       Tanggal 12 Juli menjadi hari pertama MOS bagi para siswa kelas X yang baru. MOS dibuka secara resmi oleh Wakasek PA yakni Bapak Sunarto dalam upacara pembukaan MOS. Sebanyak sekitar 55 peserta MOS lengkap dengan serangkaian atribut MOS yang diwajibkan oleh kakak-kakak OSIS(mulai dari topi setengah bola, name tag kardus, hingga kunciran-kunciran rambut nan lucu) memenuhi lapangan untuk mengikuti pembukaan acara MOS tersebut. Nah, di acara MOS kali ini juga diberlakukan peraturan berupa pasal-pasal OSIS yang pada intinya mengajarkan para siswa baru untuk menghormati para senior dan para guru. Acara pada hari pertama diisi oleh sejumlah sesi yang diisi oleh para bapak-ibu guru seputar perkenalan lingkungan sekolah. Para freshman ini dibekali dengan berbagai pengetahuan wajib mengenai lingkungan sekolah mulai dari metode pembelajaran, wawasan wiyata mandala hingga kegiatan ekstrakulikuler.

       Pada hari pertama ini para peserta MOS juga diajak untuk berkeliling SMA PA untuk lebih mengenal tata ruang di SMA baru mereka ini. Tentunya, ada juga acara OSIS. Nah, di hari pertama ini para kakak-kakak OSIS memberikan teka-teki yang harus dijawab oleh para peserta MOS keesokan harinya. Teka-tekinya aneh-aneh saja mulai dari 'kursi goyang','telepon hewan khas tirai bambu', dll. Setelah itu hari pertama diakhiri dengan pelatihan PBB. Teriakan suara 'Siap, grak!', 'Hadap kanan, grak!', memenuhi lapangan tempat para peserta MOS dilatih baris-berbaris. Dalam sekejap lapangan futsal PA diubah layaknya tempat latihan para tentara! Hhe~
Pelatihan PBB! Siappppp grak!
       Keesokan harinya pada tanggal 13, MOS dilanjutkan kembali dan diawali dengan sesi-sesi dari bapak ibu guru. Kemudian, acara OSIS diisi dengan pengumpulan teka-teki yang sudah diberikan sebelumnya. Jawaban para peserta MOS ini aneh-ane juga loh sama kaya teka tekinya. Ada yang bawa air susu untuk soal teka-teki 'air putih'. Eh, ternyata bener. Masih ada banyak juga jawaban-jawaban teka-teki lain yang juga unik-unik. Seperti hari sebelumnya hari kedua MOS ini juga diakhiri dengan kegiatan pelatihan PBB.


       Sepertihari-hari sebelum nya hari terakhir MOS kali ini juga diawali dengan sesi. Kemudian dilanjutkan dengan acara OSIS. Nah, di acara OSIS pada hari ketiga ini para peserta MOS diwajibkan untuk menyerahkan surat cinta dan surat benci kepada kakak-kakak OSIS. Tentunya kakak-kakak OSISnya ada yang dapat banyak surat cinta, surat benci, dua-duanya atau malah tidak sama sekali. Kedua surat ini tidak punya maksud lain selain daripada semakin mendekatkan hubungan antar kakak OSIS dengan para junior dan seru-seruan. Isi dari surat-surat cinta dan benci itupun tak kalah unik dengan jawaban teka-teki pada hari sebelumnya.

Dan pada acara terkahir para peserta MOS ditugaskan untuk mengumpulkan tandatangan dari para guru dan kakak-kakak OSIS. Usaha para peserta MOS untuk mendapatkan tandatangan-tandatangan tersebut juga kocak-kocak namun patut dihargai. Setelah acara terakhir dari OSIS, MOS kali inipun ditutup dengan upacara penutupan.
Upacara Penutupan


       Pada upacara penutupan ini diumumkan pula peserta MOS terbaik alias King and Queen MOS kali ini. Untuk posisi Kingnya diisi oleh Richie sementara Queennya adalah Nadya Nathasya! 
King & Queen MOS PA 2012/2013 dengan Pak Narto
       Setelah pengumuman peserta MOS terbaik ini MOS secara resmi ditutup oleh Bapak Sunarto dengan pelepasan balon yang menandakan bahwa para peserta MOS telah resmi menjadi siswa-siswi SMA Pusaka Abadi! Selamat ya untuk para siswa baru kelas X! Semoga di PA kalian bisa mengukir prestasi!

Nah, demikian acara MOS di PA pada tahun ajaran 2012/2013 ini. Salam redaksi! (iaj)

0 comments:

Posting Komentar