Sabtu, 08 September 2012

LDKS SMA Pusaka Abadi

       Menjelang akhir masa jabatan OSIS SMA Pusaka Abadi angkatan 2012/2013 tentunya OSIS perlu mewariskan jabatannya ke angkatan di bawahnya. Oleh karena itu, pada tanggal 5-7 September 2012 lalu, berlokasi di Wisma Naga Pendawa, Cipanas diadakanlah LDKS demi melatih calon-calon pengurus OSIS baru angkatan 2012/2013 dan membekali mereka dengan kemampuan-kemampuan yang diperlukan sebagai pemimpin. Nah, bagaimana sih serunya acara LDKS tahun ini? Let's check this out!
Para peserta berkumpul di lapangan sebelum berangkat menuju Puncak
       Jumat, tanggal 5 September sekitar pukul 08:00 para peserta beserta OSIS didampingi oleh Bu Fitri selaku pembina OSIS dan beberapa guru-guru lainya meluncur ke Wisma Naga Pendawa.
Arrive @ Wisma Naga Pendawa
       Setelah perjalanan selama kurang lebih 3 jam bis yang membawa para peserta pun akhirnya tiba di Wisma Naga Pendawa. Para peserta yang berjumlah sekitar 43 orang itu langsung diarahkan menuju kamarnya masing-masing. Kemudian, sekitar pukul 13:00 setelah para peserta makan siang pembukaan LDK pun dilaksanakan.
Pembukaan LDK
Pada hari pertama ini para peserta mendapatkan 2 sesi yakni, sesi kepemimpinan yang dibawakan oleh Pak Gusti dan sesi organisasi OSIS yang dibawakan oleh Bu Fitri.
Sesi I
Pada hari pertama ini juga para peserta dibagi menjadi 5 partai(kelompok). Setiap ketua partai dan wakil ketua partai inilah yang nantinya akan menjadi caketos dan cawaketos pada pilketos 2012 tanggal 11 September mendatang. Kelima partai beserta ketua dan wakilnya itu antara lain:
  1. Partai CP: Alvin-Nicola
  2. Parta Gatotkaca: Fickie-Parama
  3. Partai YOLO: Stephen Ericjona-Calvin
  4. Partai 10 For 1: Soviana-Juanto
  5. Partai Pasti Bisa: Yuniko-Canna  
       Nah dari kelima partai ini, yangmenarik ternyata ada partai maskulin alias partai yang semua anggotanya adalah pria yakni Partai CP dan partai feminim alias partai yang semua anggotanya adalah wanita yakni Partai Pasti Bisa. Kelima partai tersebut wajib menjaga kekompakkan termasuk dalam memainkan game-game selama LDK.
Yel-yel salah satu partai
Ballon Defense!!!
Salah satu game yang diadakan di hari pertama ini diberi nama Balloon Defense yang simpelnya adalah perang dengan senjatanya adalah balon berisi air. Namun, dalam permainan perang balon air ini para peserta dilatih kekompakkan dan kerjasamanya termasuk dalam melindungi ketua partai yang dijadikan targetnya. Pada hari ini juga OSIS berbagi pengalaman pada acara OSIS Sharing.
OSIS Sharing
       Keesokan harinya para peserta bangun pagi-pagi sekitar pukul 05:00 untuk olahraga pagi. Udara dingin di Puncak sempat membuat beberapa peserta mengigil kedinginan.
Sesi IV
Suasana sesi
       Pada hari kedua ini sesi pun dilanjutkan, sesi yang diberikan pada hari kedua ini ada tiga diantaranya sesi tentang perencanaan program yang dibawakan oleh Sir Buchori, sesi teknik menulis yang dibawakan oleh Sir Achmad, serta sesi seni berbicara yang dibawakan oleh Ilham dan Yangky. Agar tidak jenuh, di sela-sela sesi-sesi ini  juga diadakan beberapa games seperti permainan Kill The Candles, Lapak Koran, dll yang sudah disiapkan oleh OSIS.
Game Kill The Candles!!
Game 'Lapak Koran'
Setelah sesi-sesi berakhir para peserta juga dilatih PBB dan juga dilatih fisiknya melalui game Be An Army, pada game ini para peserta bermain kotor-kotoran dengan lumpur dan air.

Latihan PBB
Be An Army!!
       Setelah bermain kotor-kotoran dan makan malam para peserta pun kembali memasuki aula tempat sesi. Kali ini para peserta yang sudah dibagi menjadi 5 partai melakukan presentasi visi  misi dan juga debat di depan forum LDK. Setiap pasangan calon beserta sekretaris dan jubirnya maju ke depan untuk membacakan visi misinya, setelah itu visi misi ini diuji oleh pertanyaan-pertanyaan dari peserta lain dan juga kakak-kakak OSIS. Karena semangat kompetisi anatar partai yang tinggi alhasil debat pun berlangsung panas, setiap calon yang maju dihujani pertanyaan demi pertanyaan.


Nah, setelah berdebat panas hari kedua ini ditutup dengan acara santai yakni acara tukar kado. Para peserta yang sudah menyiapkan kado-kado yang dibungkus koran ini bertukar kado secara acak.
       Pada hari ketiga alias hari terakhir LDK para peserta dibangunkan oleh kakak-kakak OSIS sektiar pukul 4 pagi untuk olahraga pagi dan juga memainkan beberapa permainan. Permainan ini adalah permainan mencari kata yang disebar dalam beberapa pos-pos. Pada setiap pos ada kakak-kakak OSIS yang memegang satu kata, namun sebelum mendapatkan kata yang dimaksud para peserta wajib memenuhi tugas-tugas yang diberikan oleh kakak-kakak OSIS. Setelah itu acara LDK pun ditutup dengan upacara penutupan dan sekitar pukul 10:00 para peserta pun sudah meluncur kembali ke Jakarta.
Kembali ke Jakarta
      Dengan demikian berakhirlah acara LDKS tahun ini. Semoga para peserta bisa mendapatkan manfaat dari LDKS tahun ini baik dari setiap sesi, games, maupun pengalaman yang dibagikan oleh kakak-kakak OSIS. Dan tentunya kita menanti-menanti siapa yang akan keluar sebagai pasangan ketos dan waketos baru pada pilketos 11 September mendatang. Untuk yang mau sharing penagalamannya selama LDK boleh comment ya di comment box di bawah ini.

Untuk kompilasi foto lebih lengkapnya boleh dicek di link berikut.
      

1 comments:

LiL' mengatakan...

Tugas trakhir osis 2011 - 2012 tlah brakhir , LDK trakhir yang gk bs dlupain yg jdi kenangan banget
" Kebersamaan itu indah "
Sukses buat osis angkatan slanjutnya , siapa pun yang terpilih , semangat ('̀⌣'́)ง

Posting Komentar