Sabtu, 03 Maret 2012

Pentas Seni SMA Pusaka Abadi a.k.a FAME de’ PA

     Ini dia salah satu event yang dicap sebagai event terakbar OSIS 2011/2012. Yup! Tak lain tak bukan adalah Pentas Seni alias Pensi. Mengingat besarnya event ini persiapan sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari, bukan jauh-jauh hari lagi malah, melainkan jauh-jauh bulan. Tidak ingin kalah dengan pendahulu-pendahulu pensi lainnya yang berhasil menuai sukses dalam pensi. Maka berbulan-bulan sebelumnya, tepatnya 4 bulan sebelum event, segala jenis persiapan mulai dari pembentukan panitia, pemilihan tema, hingga persiapan-persiapan  lain yang mendetail sudah dimulai. Pensi kali ini merupakan hasil kerja keras dari kepanitiaan Pensi yang beranggotakan 70 orang dan dipimpin oleh Chintya Leonita sebagai ketua dan Wilson sebagai wakil, serta Pak Pri sebagai guru pembimbing. Ketujuhpuluh orang ini tidak semuanya berasal dari OSIS melainkan ada juga anggota panitia non-OSIS. Meskipun demikian, kepanitiaan pensi kali ini tetap solid, bahkan memberi nama dirinya sebagai FAME de’PA Crew. Dari mana datangnya nama ini? Tentunya dari nama pensi yang diangkat tahun ini yakni FAME de’PA yang merupakan singkatan dari Festival of Art, Music, and Education de’ Pusaka Abadi! Pensi kali ini mengangkat tema “The Best of You”, tentunya agar setiap orang yang berpartisipasi dalam pensi ini bisa menunjukkan dirinya yang terbaik! Pada event pensi kali ini panitia sudah mempersiapkan berbagai acara mulai dari bazaar, acara-acara anak Pusaka Abadi, acara kelas X dan SMP, edufair, band competition, b-boy battle 2 on 2, dance competition, hingga performance dari guest stars. Hm, soal siapa guest stars-nya, para pembaca sekalian harap bersabar ya akan kami beberkan di bawah. xD

     So, setelah melalui berbagai persiapan melelahkan akhirnya pada tanggal 24-25 Februari 2012 event yang bertujuan untuk mempromosikan nama sekolah plus mencari talenta-talenta seni di kawasan Pusaka Abadi dan sekitarnya ini dimulai!!!

Hari I

     Meskipun secara resmi event di panggung baru dimulai pukul 10:00, namun para pembuka stand sudah mulai berjualan pada pukul 09:00 dan bazaar pun dimulai. Para pengunjung juga sudah mulai menukarkan uangnya dengan EuroPA(alias Euro of Pusaka abadi, mata uang resmi pensi) untuk membeli berbagai barang-barang yang ada di bazaar(bazaar ya bukan pasar :D)


Anak-anak SD mulai menukarkan uangnya dengan EuroPA
     Meskipun lebih didominasi oleh makanan dan minuman pada bazaar kali ini juga ada yang menjual barang-barang lain seperti baju,aksesoris, hingga peralatan elektronik! Pada bazaar kali ini juga ada banyak stand-stand anak kelas XII karena mendapat tugas KWU dari Ibu Fitri untuk berwirausaha. 

Suasana Bazaar
Stand optik+tempat pemeriksaan mata gratis!
     Layaknya tahun-tahun sebelumnya pensi kali ini juga menggelar edufair yang diikuti Universitas Tarumanagara, TSM, dan juga Universitas Bina Nusantara. 

Salah satu stand edufair
     Namun, selain berusaha untuk melajutkan tradisi dari tahun-tahun sebelumnya selayaknya sebuah ajang kreatifitas, pensi kali ini juga ingin sedikit berinovasi. Di mana bazaar tahun ini derbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, bazaar  tahun ini juga diadakan di dekat lokasi panggung. Selain itu ada pula acara kelas persembahan dari anak-anak kelas X dan anak-anak SMP. Acara kelas X diberi nama Coffe X(kreatif juga ya.. :D) yang merupakan sejenis caffe  yang menjual beragam makanan dan minuman. 

Kesibukan @Coffe X
     Sementara itu acara kelas SMP beruapa game corner yang berisi beragam game seru seperti lempar dart, dan sebagainya yang tidak boleh dilewatkan.

Game Corner

      Ok, kembali lagi ke panggung. Waktu sudah menunjukkan pukul 10:00 dan saatnya acara “FAME de’PA” dimulai! Duo MC Ilham-Yuniko membuka event ini dengan mengajak seluruh audiens plus panitia untuk bersama-sama meneriakan “FAME de’PA” agar para penonton lebih bersemangat.


     Teriakan Faaaaaaaaaaaame de’PA pun serentak memenuhi seluruh lokasi event. Setelah itu, ada kata sambutan dari ketua Panitia dan Kepala SMA Pusaka Abadi untuk secara resmi membuka event tahunan OSIS ini.

Kata Sambutan Ketua Panitia
Kata Sambutan Kepala Sekolah
     Kemudian, acara disusul dengan performance dari anak-anak TK yang lucu-lucu dan membawakan beragam tarian mulai dari tarian daerah, tarian Chinese, bahkan tarian modern. 


Meskipun, agak sedikit demam panggung ketika pertama kali naik ke stage, hal in tetap tidak merungangi lucu-lucunya aksi panggung anak-anak TK ini. Tak mau kalah dengan anak-anak TK, acara langsung disusul dengan penampilan menarik dari anak-anak SD yang berupa paduan suara dan ensembel musik.

Ensembel Musik
Paduan Suara

     Setelah melihat anak-anak TK dan SD yang lucu lucu kini acara disambung dengan penampilan dari anak-anak SMA yakni lagu “Ada Cinta”.

"Ada Cinta"
      Tak kalah juga dengan penampilan anak-anak TK dan SD sebelumnya, alunan suara dan melodi lembut dari lagu yang dibawakan oleh mereka sempat menyejukkan lapangan nan panas tempat para audiens berada selama beberapa menit mengingat jam sudah menujukkan sekitar pukul 12:00.
     Setelah break makan siang selama kurang lebih 45 menit. MC Hansen naik ke panggung menggantikan duo MC sebelumnya dan memulai band competition. Band Competition kali ini diikuti oleh 13 band yang akan unjuk kebolehan di stage FAME de’PA. Band-band itu antara lain: Artines, D.A.Y, Eve, Summer Life, D’Gentles, Twisted Twins, Star Light, D-Segno, Coten, Wolsa, SMA Methodist, IPEKA Pluit feat Yosua Akuila, dan D’Sky.

Juri Band Competition


     Ketiga belas Band ini silih berganti mengisi acara dan berhasil menggetarkan stage FAME de’PA.


     Meskipun demikian layaknya sebuah kompetisi tentunya harus ada yang menang dan kalah. Dari ketigabelas tim-tim ini pada hari kedua hanya akan ada 5 tim yang berhak melaju ke babak final pada hari Sabtu keesokan harinya dan kelima band itu adalah Eve, IPEKA Pluit feat Yosua Akuila, Coten, Artines, dan Wolsa. Band Competition ini diselingi pula oleh dua tembang merdu yang dibawakan oleh Elkyana sebagai acara persembahan dari SMP.


Elkyana
     Waktu menunjukkan pukul empat dan ketigabelas band tadi sudah menunjukkan aksinya dan kini giliran dimulainya B-Boy Battle 2 on 2!!! Mengingat maraknya B-Boy akhir-akhir ini, tak ayal B-Boy Battle kali ini dipenuhi oleh penonton yang mengelilingi dan ingin menonton battle-battle pada sore hari ini. DJ Move pun mulai memainkan musiknya dan battle pun dimulai! Sebelumnya ada juga Judge Performance dari Juri B-Boy Battle kali ini C.A. 

Juri B-Boy, C.A.
Judge Performance!
     Kedelapan battle nan seru pada hari pertama ini mengundang antusiasme penonton dan sorakan untuk mendukung crew-crew kesayangannya. 


Kedelapan battle ini adalah:
  •         Vigen Crew vs. Wicky
  •         Ting Ting Crew vs. Flavastep Brother
  •         Soul Rhytm vs. Nasty Po
  •        Rocking Fellaz 1 vs. Rocking Fellaz 2
  •        Stylin’ Flava Crew vs. Task Kid Crew
  •       The Nothing Crew vs. Teh Real Revolution
  •       DBB vs. L.A. Free Crew
  •       Last Time Crew vs. OC Boyz

      Waktu menunjukkan pukul 17:00 dan kedelapan battle  pun usai dan berhasil menyaring 8 crew terbaik yang akan unjuk kebolehan di hari kedua dan memperebutkan posisi 3, 2, dan 1 tentunya.
Berakhirnya B-boy battle ini menutup serangkaian acara pensi pada hari pertama. Tapi, masih ada yang lebih seru lagi di hari kedua jadi jangan berhenti membaca dulu ya di sini! xD

Hari II

     Setelah seru-seruan di hari pertama tentunya di hari kedua FAME de’PA ini bakalan lebih seru lagi. Karena pada hari ini akan ada performance dari finalis-finalis band competition dan b-boy battle, dance competition, serta tentunya guest stars kita! xD
     Nah, langsung kita mulai saja! Pada pukul 09:00 seperti pada hari sebelumnya bazaar sudah dimulai dan para pengunjung sudah mulai berdatangan. Satu jam kemudian giliran acara di stage yang kini dimulai dengan performance dari tim-tim peserta dance competition yang atraktif dan menghibur abis!

Juri dance competition

     Tim-tim tersebut antara lain: Dance to Rock, First Dance Movement, Air Stream, Vame, C3 Crew, Chilli Dancer, V’Cry, Nice Queen, C.P.U., Muscle Dancer, dan Qweel. Penampilan mereka sontak mengundang komentar-komentar dari para juri baik yang berbau positif maupun negatif.

     Usai kesebelas  penampilan menarik dari dance competition yang diselingi oleh break selama 45 menit ini, kini giliran dimulainya final band competition. 

 

     Kelima band yang berhasil lolos dari babak penyisihan di hari sebelumnya lagi lagi seolah ingin mengikuti tema pensi(“The Best of You”) menujukkan kebolehan mereka yang terbaik. Tak ketinggalan seusai final band competition segera disambung dengan babak Top 8 hingga final B-Boy Battle 2 on 2!

 
     Setelah melewati serangkaian battle-battle sengit tapi menghibur ini, disaringlah 2 crew terbaik untuk babak final yakni Flavastep Brother vs. Nasty Po. Satu demi satu skill terbaik yang mereka punya dikeluarkan  dan setelah beberapa menit bertarung keluarlah Flavastep Brother sebagai kampiunnya.
     Seusai dari battle-battle tadi para panitia bergegas mempersiapkan pembagian hadiah bagi mereka-mereka yang berhasil memperoleh juara 1, 2, 3 pada masing-masing lomba.
     Dan ini dia mereka-mereka yang berhasil membawa pulang hadiah berupa piala+sertifikat+uang tunai.
  • Band Competition:

  1. IPEKA Pluit ft. Yosua Akwila
  2. Eve
  3. Artines

  • Dance Competition:
  1. C.P.U.
  2. Dance to Rock(D2R)
  3. Chilli Dancer 

  • B-Boy Battle 2 on 2:
  1. Flavastep Brother
  2. Nasty Po
  3. Task Kid Crew(TKC)


     Selepas dari lomba-lomba band, dance dan b-boy acara masih belum selesai dan justru kian mendekati klimaksnya. Sesuai dengan janji redaksi, ini dia guest stars FAME de’PA:
     Sekitar pukul 17:00 guest star yang pertama yakni “DeVan” tampil di panggung dan mencuri perhatian para audiens dengan beberapa tembang-tembang merdu dimulai dari lagu 'Dilema'. Aksi panggung band yang beranggotakan Irwan, Lucky, Kevin, Marvellus, dan Ferdinand ini mengundang para audiens untuk turut bernyanyi.

     Penampilan mereka yang membawakan lagu 'Ku Tetap Menanti'  disertai dengan sorakan para penggemar dan audiens sempat menggema di sekitar Pusaka Abadi. Apalagi ketika mereka membawakan single-nya Bruno Mars 'Just The Way You Are' yang membuat seluruh penonton seolah terbawa alunan musik dan turut menyanyi. Lagu keempat theme song dari Doraemon yang mereka bawakan juga amat menghibur para audience.
      Penampilan mereka ditutup dengan single mereka sendiri yakni 'Jaga Dirimu' yang gak kalah menghiburnya.
      Setelah diselingi dengan break untuk Maghrib selama kira-kira 30 menit. Maka guest star kedua yang juga tak kalah dari “DeVan” akan segera tampil. Kira-kira siapa ya? 

Animo audiens menunggu masuknya guest star
     Clue-nya ada di nama Pensi tahun ini. Yup, siapa lagi kalau bukan [F]ame! Yup, penampilan boyband berangggotakan Reggy, Nicko,  Thomas, Val, Xing, dan Xander, dan Alex yang sedang naik daun ini langsung membuat semua pengunjung pensi yang sedang tidak di panggung berhuyung-huyung berlari ke area penonton dan mendekati stage.


       Sampai-sampai untuk memasuki stage [F]ame harus dikawal oleh barikade panitia. Penampilan [F]ame yang beranggotakan 7 cowo ganteng dalam lagu 'Marry You' dan 'Hebat' ini langsung memikat hati sebagian besar kaum Hawa yang menjadi audience. 




     Animo audience kian meningkat ketika [F]ame membawakan singlenya Super Junior yakni Mr. Simple.

 

 [F]ame juga membagikan doorprize serta kesempatan foto bareng [F]ame bagi audience yang beruntung.



Dan sebagai pentup boyband yang punya grup fans bernama Famous ini membawakan singlenya 123456789.



Setelah performance di panggung, [F]ame menyempatkan diri untuk memberi waktu sesi foto-foto bareng bagi para pengunjung dan Famous.

     Dan dengan demikian berakhirlah serangkaian acara pentas seni SMA Pusaka Abadi FAME de’PA yang berlangsung selama dua hari ini!

"FAME de'PA Crew" berterimakasih kepada pihak-pihak yang membantu suksesnya event ini:

  1. Yayasan Pendidikan Pusaka Abadi, khususnya Ibu Yenny Sutjiawan selaku Ketua Yayasan atas bantuannya dalam Pensi baik dalam bentuk dana maupun penyediaan tempat event.
  2. Kepala SMA Pusaka Abadi, Ir. Atik Widanarti atas nasehat dan bimbingannya.
  3. Guru-guru pembimbing yang membantu menyukseskan acara mulai dari Pak Pri, Bu Dyah, Pak Narto, Bu Refa, Bu Fitri, Bu Cici, dan guru-guru lainnya.
  4. Alumni-alumni yang turun tangan membantu persiapan hingga pelaksanaan event.
  5. Kakak-kakak kelas XII yang turut meramaikan stand-stand bazzar.
  6. Panitia acara kelas X dan SMP yang turut meramaikan Pensi.
  7. Sponsor, diantaranya: Standard, Unversitas Tarumanagara, Universitas Bina Nusantara, Trisakti School of Management, Bimbingan Belajar B2W, dan XL. 
  8. Pihak-pihak yang bekerjasama dengan "FAME de'PA", diantaranya: Momento Production, Radio Untar(Media Partner), dan Independent.
  9. Para peserta lomba-lomba yang turut mengisi acara Pensi.
  10. Seluruh siswa-siswi Sekolah Pusaka Abadi yang turut meramaikan acara.
  11. Para donatur.
  12. Karyawan, Petugas Kebersihan, dan Satpam yang turut menertibkan berlangsungnya acara.
  13. Para pengunjung dan pihak-pihak lain yang turut membantu baik secara langsung maupun tidak langsung.

Redaksi mengucapakan selamat kepada seluruh FAME de'PA Crew yang sukses menyelenggarakan Pensi Pusaka Abadi "FAME de'PA"

     Kalau kalian ingin tahu atau sekedar melihat-lihat persiapan 4 bulan sebelum hari H sampai pada saat hari H boleh membuka page All about FAME de’PA.
Dan untuk siapapun yang ingin bercerita dan berkomentar tentang pengalaman kalian bersama FAME de’PA boleh berkomentar di kolom komentar di bawah ini ya. Terima Kasih! :) Salam redaksi!


(iaj)
    

1 comments:

LiLcrazeVip mengatakan...

untuk foto bisa cari di facebook nick : Virenkuri Rz dgn nama album Fame de PA :D arigato ~

Posting Komentar