Rabu, 16 Mei 2012

Bakti Sosial @R.P.L.U. Jelambar

           Pertengahan Mei ini tepatnya pada tanggal 16, OSIS kembali mengadakan satu event. Nah, kalo pada event-event OSIS sebelumnya udah ada kegiatan seni(Fame de’PA), religius(Retreat), kompetisi sains(P.A.S.C. 2012) kali ini giliran OSIS mengadakan kegiatan sosial. Kegiatan sosial ini berupa bakti sosial(baksos) ke satu rumah perlindungan lanjut usia(R.P.L.U.) di daerah Jelambar yang berada di bawah kepengurusan Dinas Sosial. Yuk, mari kita simak gimana sih berlangsungnya baksos tahun ini pada artikel berikut ini!
             Beberapa hari sebelum baksos dimulai, panitia baksos yang diketuai oleh Ivan Willyanto terlebih dulu nge-survey target baksos. Akhirnya ditentukan baksos tahun ini bakal diadain ke R.P.L.U. Jelambar. Selain itu, panitia juga nyiapin berbagai sumbangan yang akan diberikan. Sumbangan ini berasal dari sumbangan sukarela para siswa, orangtu murid, dan guru-guru baik berupa uang tunai maupun sembako. Sumbangan yang diberikan ke R.P.L.U. berupa beras, gula, telor, minyak, mie instan, maupun bingkisan.

Beberapa sembako yang disumbangkan
             Setelah sumbangan disiapkan maka pada tanggal 16 berangkatlah panitia baksos yang terdiri dari OSIS dan perwakilan kelas ke R.P.L.U. Jelambar. Selain itu ada juga 3 guru kita yang ikut pada baksos kali ini, mereka adalah Bu Atik, Bu Fitri, dan Bu Miharsih. Sekitar pukul 09:30 anak-anak panitia baksos dan guru-guru sudah tiba di panti. yang menampung sekitar 96 lansia ini. Setelah sampai, anak-anak langsung mengangkut sumbangan yang akan diberikan plus menyiap-nyiapkan acara hiburan untuk para omah opa di aula.
Kondisi salah seorang omah di panti

           Acara di aula dimulai sekitar pukul 10:00 dan diawali dengan kata sambutan dari penanggungjawab panti yakni Ibu Siti yang banyak memberikan informasi kepada para peserta baksos mengenai kondisi para omah opa di panti tersebut.
Para omah opa memenuhi aula
Ibu Siti memberikan sambutan
Sambutan dari Ibu Atik

           Setelah itu, Ibu Atik juga memberi sedikit sambutan. Selanjutnya anak-anak panitia baksos langsung membawakan acara hiburan berupa persembahan lagu “Bunda” dan “Ayah” kepada para omah opa yang dikumpulkan di aula. Sembari mendengarkan hiburan dari anak-anak, omah opa juga dibagikan bingkisan dan roti.
Suasana di dalam aula
Persembahan Lagu "Bunda"
Persembahan Lagu "Ayah"
           Setelah acara hiburan dari anak-anak selesai kini gantian giliran omah opa yang ikut bernyanyi dan berjoget bareng anak-anak. Para omah opa dan anak-anak pun berbaur dan berjoget plus bernyanyi ria bareng-bareng.
Ayoo joget!!!



 


           Karena alasan kesehatan ada beberapa omah opa yang tidak bisa dikumpulkan di aula. Sehingga, beberapa panitia baksos juga berkeliling untuk membagikan bingkisan dan juga mengunjungi omah opa yang tidak bisa ke aula.
Salah satu omah yang masih rajin membuat keset untuk dijual     
           Setelah puas berjoget ria omah opa yang di aula pun meninggalkan aula dan kembali ke kamarnya masing-masing. Panita baksos juga meninggalkan aula dan mengunjungi plus ngajak ngobrol omah opa. Dari obrolan dengan omah opa ini para panitia baksos juga belajar banyak dan mendengarkan banyak cerita omah opa waktu jaman muda dulu.
            Beberapa panitia ada yang tersentuh dengan cerita dari omah opa sampai-sampai mengucurkan air mata. Memang beberapa kisah hidup dari omah opa di panti ini cukup memilukan. Ga cuma bersedih, di situ peserta baksos juga ada yang bercanda ria dengan omah opa. Beberapa peserta baksos bahkan merasakan hebatnya pijatan salah seorang omah di panti, termasuk Ibu Fitri.  
Bu Fitri dipijit oleh salah seorang omah yang jago pijit di panti

          Melalui kegiatan kali ini para peserta baksos belajar semangat para omah opa yang meskipun sudah lanjut usia namun tetap  membara. Sebetulnya masih ada banyak cerita menarik dan pelajaran berharga yang didapat para peserta baksos. Namun, tak semuanya bisa dituliskan di sini.
           Ok, sekian dulu artikel mengenai baksos tahun ini. Semoga dari acara baksos ini kepedulian sosial anak-anak PA boleh kian hari kian meningkat. Panitia baksos juga ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak baik para siswa, guru-guru, maupun orangtua murid yang sudah turut menyumbang dan berpartisipasi dalam menyukseskan acara baksos OSIS Pusaka Abadi tahun ini. Semoga amalnya diterima oleh Tuhan YME. Salam redaksi!           

0 comments:

Posting Komentar